Published on

BIAYA ADMIN TIKTOK SHOP TERBARU 2024 || BIAYA KOMISI TIKTOK SHOP TERBARU 2024 || TUTOR TIKTOK SHOP

Introduction

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Pada kesempatan kali ini, saya ingin membagikan informasi terbaru terkait kebijakan dari TikTok Shop atau Tokopedia Shop. Per 1 September 2024, TikTok Shop telah membedakan biaya komisi platform untuk penjual reguler (marketplace) dan penjual Mall.

Biaya Komisi Marketplace

Biaya komisi marketplace adalah biaya yang dikenakan ketika pesanan selesai, dan akan berbeda berdasarkan subkategori produk yang dijual. Misalnya, jika saya menjual produk makanan pokok dan Anda menjual produk elektronik, jelas bahwa biaya komisi marketplace untuk masing-masing kategori berbeda. Berikut adalah informasi mengenai persentase biaya komisi marketplace:

  • Untuk penjual reguler (marketplace), biaya komisi berkisar antara 1% hingga 10%.
  • Namun, penting untuk diingat bahwa subkategori dengan persentase 10% akan mendapat diskon 20%, sehingga tarif efektifnya hanya 8%. Jadi, persentase efektif untuk pembayaran biaya komisi adalah antara 1% hingga 8%.

Biaya Komisi Mall

Sementara itu, untuk penjual Mall, biaya komisi dikenakan antara 1% hingga 8.5%.

Pembagian Biaya Berdasarkan Kategori

Biaya komisi dibagi berdasarkan kategori seperti elektronik, fashion, FMCG, gaya hidup, dan lainnya. Masing-masing subkategori memiliki tarif yang berbeda, sehingga penting bagi penjual untuk memperhatikan hal ini agar tidak kehilangan keuntungan.

Contoh Perhitungan Biaya Komisi

Cara menghitung biaya komisi marketplace bagi penjual reguler adalah dengan cara mengurangi harga produk dengan diskon penjual, kemudian mengalikan dengan persentase dari subkategori. Misalnya, jika subkategori elektronik memiliki biaya komisi 1%, maka perhitungan akan dilakukan berdasarkan angka tersebut.

Alasan Peningkatan Biaya Komisi

TikTok Shop meningkatkan biaya platform untuk berinovasi dan mengembangkan fitur-fitur di dalam aplikasi. Dengan cara ini, TikTok Shop bertujuan untuk meningkatkan daya tarik bagi pelanggan agar semakin tertarik berbelanja di TikTok Shop dan menjadi pelanggan yang loyal. Tentu saja, penjual akan merasakan manfaat dari kampanye yang dilakukan oleh TikTok Shop.

Penutup

Harapannya, informasi mengenai peningkatan biaya komisi ini bisa dipahami dengan baik. Selain TikTok Shop, platform lain seperti Shopee juga telah menerapkan biaya komisi yang disebut sebagai biaya admin untuk mengurangi beban pikiran penjual.

Jika Anda ada pertanyaan atau kebingungan, silakan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya, dan saya akan berusaha membantu menjawabnya. Sampai jumpa di video berikutnya.


Keyword

  • TikTok Shop
  • Biaya Admin
  • Biaya Komisi
  • Marketplace
  • Penjual Mall
  • Elektronik
  • Fashion
  • Diskon

FAQ

1. Apa itu biaya komisi di TikTok Shop?
Biaya komisi adalah biaya yang dikenakan kepada penjual saat pesanan selesai, berbeda-beda berdasarkan kategori produk.

2. Berapa tarif biaya komisi untuk penjual reguler?
Untuk penjual reguler, biaya komisi berkisar antara 1% hingga 10%, dengan tarif efektif antara 1% hingga 8%.

3. Apa yang dimaksud dengan penjual Mall di TikTok Shop?
Penjual Mall adalah penjual yang dikenakan biaya komisi dalam kisaran 1% hingga 8.5%.

4. Mengapa TikTok Shop meningkatkan biaya komisi?
Peningkatan biaya komisi bertujuan untuk inovasi dan pengembangan fitur di TikTok Shop agar lebih menarik bagi pelanggan serta memberikan manfaat lebih bagi penjual.

5. Apakah platform lain seperti Shopee juga mengalami peningkatan biaya komisi?
Ya, platform lain seperti Shopee juga telah meningkatkan biaya komisi yang disebut sebagai biaya admin.